Selasa, 01 November 2016

REDUPLIKASI



Nama/NIM/Kelas : Asmi Riza Hidayati/ 156006/ 2015-A


REDUPLIKASI
Reduplikasi adalah suatu proses morfologis hasil perulangan kata atau unsur kata (Chaer, 2008:178). Jenis-jenis reduplikasi yaitu:
1. Reduplikasi Fonologis
2. Reduplikasi Sintaksis
3. Reduplikasi Semantis 
4. Reduplikasi Morfologi
5. Reduplikasi Dasar Nomina
6. Reduplikasi Dasar Verba
7. Reduplikasi Dasar Ajektiva
8. Reduplikasi Kelas Tertutup

1. Reduplikasi Fonologis
Reduplikasi fonologis berlangsung terhadap dasar yang bukan akar atau terhadap bentuk yang statusnya lebih tinggi dari akar. Status bentuk yang diulang tidak jelas. Reduplikasi fonologis ini tidak menghasilkan makna gramatikal, melainkan menghasilkan makna leksikal (Chaer, 2008:179). Yang termasuk reduplikasi fonologis yaitu:
1.) kuku, dada, pipi, dan cincin. Bentuk tersebut bukan berasal dari kata ku, da, pi, dan cin akan tetapi, bentuk tersebut adalah sebagai sebuah kata yang bunyi kedua suku katanya sama.
2.) foya-foya, tubi-tubi, dan anai-anai. Bentuk ini memang jelas sebagai bentuk ulang, yang diulang secara utuh. Namun, bentuk dasarnya tidak berstatus sebagai akar yang mandiri.
3.) laba-laba, kupu-kupu, paru-paru, dan onde-onde. Bentuk ini jelas sebagai bentuk ulang dan dasar yang diulang pun jelas ada, tetapi hasil reduplikasinya tidak menghasilkan makna gramatikal, melainkan hanya menghasilkan makna leksikal.
4.) mondar-mandir, luntang-lantung, kocar-kacir, dan teka-teki. Bentuk ini tidak diketahui mana yanng menjadi bentuk dasar pengulangannya. Maknanya pun hanya menghasilkan makna leksikal, bukan makna gramatikal. Bentuk ini disebut kata ulang semu (Alisyahbana, 1953).

2. Reduplikasi Sintaksis
Reduplikasi sintaksis adalah proses pengulangan terhadap bentuk dasar yang biasanya berupa akar, tetapi menghasilkan satuan bahasa yang statusnya lebih tinggi daripada sebuah kata (Chaer, 2008:179). 
1.) Kridalaksana menyebutnya menghasilkan ‘ulangan kata’ bukan ‘kata ulang’. Contoh:
- suaminya benar benar jantan.
- tenang tenang, jangan panik.
2.) Bentuk reduplikasi sintaksis memiliki ikatan yang cukup longgar sehingga kedua unsurnya memiliki potensi untuk dipisah. Contoh:
- benar suaminya benar jantan.
- tenang jangan panik, tenang.
3.) Reduplikasi sintaksis memiliki makna ‘menengaskan’ atau ‘menguatkan’ yang digunakan dalam sejumlah kata ganti orang (pronomina personal). Contoh:
- mereka mereka memang sengaja tidak diundang.
- kita kita ini memang termasuk orang yang tidak setuju dengan beliau.
4.) reduplikasi sintaksis termasuk juga yang dilakukan terhadap akar yang menyatakan waktu. Contoh:
- dalam minggu-minggu ini kabarnya beliau akan datang.
- hari-hari menjelang pilkada beliau tampak sibuk.

3. Reduplikasi Semantis
Reduplikasi semantis adalah pengulangan makna yang sama dari dua buah kata yang bersinonim. Misalnya ilmu pengetahuan, alim ulama, dan cerdik cendekia. Dapat dilihat bahwa dari dua buah kata yang bersinonim tersebut memiliki makna yang sama (Chaer, 2008:180).

4. Reduplikasi Morfologis
 Reduplikasi morfologis terdiri dari:
1.) Pengulangan Akar
2.) Pengulangan Dasar Berafiks
3.) Reduplikasi Kompositum
     
                                                          
1.) Pengulangan Akar
Bentuk dasar yang berupa akar memiliki tiga macam proses pengulangan, yaitu pengulangan utuh, pengulangan sebagian dan pengulangan dengan perubahan bunyi (Chaer, 2008:181).
(1) pengulangan utuh, yaitu bentuk dasar itu diulang tanpa melakukan perubahan  bentuk fisik dari akar itu. Contoh: makan-makan (bentuk dasar makan),  kalau-kalau (bentuk dasar kalau), dan sungguh-sungguh (bentuk dasar sungguh).
(2) Pengulangan sebagian, yaitu yang diulang dari bentuk dasar hanya salah satu  suku katanya saja (suku awal kata) disertai dengan pelemahan bunyi. Contoh:  leluhur (bentuk dasar luhur), tetangga (bentuk dasar tangga), dan lelaki (bentuk  dasar laki).
(3) Pengulangan dengan perubahan bunyi, yaitu bentuk dasar diulang tetapi disertai  dengan perubahan bunyi. Yang berubah bisa bunyi vokal atau konsonannya.  Bentuk yang berubah bisa menduduki unsur pertama atau unsur kedua. Contoh:
(a) yang berubah unsur pertama, seperti bolak-balik, kelap-kelip, dan  corat-coret.
(b) Yang berubah unsur kedua, seperti ramah-tamah, lauk-pauk, dan  sayur-mayur.
(4) pengulangan dengan infiks, maksudnya sebuah akar diulang tetapi diberi infiks  pada unsur ulangannya. Contoh: turun-temurun, tali-temali, dan sinar-seminar.

2.) Pengulangan Dasar Berafiks
Perlu diperhatikan adanya tiga macam proses afiksasi dan reduplikasi. Pertama, sebuah akar diberi afiks dulu, baru kemudian direduplikasi. Kedua, sebuah akar direduplikasi dulu, baru kemudian diberi afiks. Ketiga, sebuah akar diberi afiks dan diulang secara bersamaan. Berikut adalah proses pengulangan dengan afiksnya:
(1) akar berprefiks ber-, ada dua macam pengulangan akar berprefiks ber-, yaitu:
(a) pada akar mula-mula diimbuhkan prefiks ber-, lalu dilakukan pengulangan  sebagian (pada akarnya saja). Contoh: berlari-lari (dari ber- + lari),  berjalan-jalan (dari ber- + jalan), dan berputar-putar (dari ber- + putar).
(b) Pengulangan dilakukan serentak dengan pengimbuhan prefiks ber-. Contoh:  berhari-hari, bermeter-meter, dan berliter-liter.
(2) akar berprefiks me-, akar berprefiks me- seperti pada kata menembak dan menari  direduplikasikan  hanya akarnya saja. Contoh: menembak-nembak dan  menari-nari.
(3) akar berklofiks ber-an, akar berklofiks ber-an seperti pada kata berlarian dan  berkejaran direduplikasikan sebagian, hanya akarnya saja. Contoh: berlari-larian  dan berkejar-kejaran.
(4) Akar berklofiks me-kan, akar berklofiks me-kan seperti pada kata membedakan,  membesarkan, dan melebihkan direduplikasikan hanya akarnya saja. Contoh:  membeda-bedakan, membesar-besarkan, dan melebih-lebihkan.
(5) Akar berklofiks me-i, akar berklofiks me-i seperti pada kata melempari dan  mengurangi direduplikasikan hanya akarnya saja. Contoh: melempar-lempari dan  mengurang-ngurangi.
(6) Akar berprefiks pe-, akar berprefiks pe- seperti pada kata pemuda, pembina, dan  pelajar direduplikasikan secara utuh. Contoh: pemuda-pemuda,  pembina-pembina, dan pelajar-pelajar.
(7) Akar berkonfiks pe-an, akar berkonfiks pe-an seperti pada kata pembangunan dan  penjelasan direduplikasikan secara utuh. Contoh: pembangunan-pembangunan  dan penjelasan-penjelasan.
(8) Akar berkonfiks per-an, akar berkonfiks per-an seperti pada kata peraturan,  pertokoan, dan perdebatan bila direduplikasikan haruslah secara utuh. Contoh:  peraturan-peraturan, pertokoan-pertokoan, dan perdebatan-perdebatan. 
(9) Akar bersufiks -an, ada dua cara pereduplikasian akar bersufiks -an, yaitu:
(a) mengulang secara utuh bentuk bersufiks -an. Contoh: bangunan-bangunan,  aturan-aturan, dan tulisan-tulisan. 
(b) Mengulang akarnya saja disertai dengan pengulangannya. Contoh:  obat-obatan, biji-bijian, dan mobil-mobilan.
(10) akar berprefiks se-, ada dua cara mereduplikasinya, yaitu:
(a) diulang secara utuh. Contoh: sedikit-sedikit dan sekali-sekali.
(b) Hanya mengulang bentuk akarnya saja. Contoh: sekali-kali, sepandai-pandai,  dan sejauh-jauh.
(11) akar berprefiks ter-, akar perprefik ter- direduplikasikan hanya akarnya saja.  Contoh: tersedu-sedu dan tersendat-sendat.
(12) Akar berkonfiks se-nya, akar berkonfiks se-nya direduplikasikan hanya akarnya  saja. Contoh: secepat-cepatnya, sabaik-baiknya, dan sebanyak-banyaknya.
(13) Akar berkonfiks ke-an, akar berkonfiks ke-an direduplikasikan hanya akarnya  saja, sedangkan konfiks ke-an melingkupi bantuk perulangan itu. Contoh:  keragu-raguan, kemerah-merahan, dan kebiru-biruan.
(14) Akar berinfiks (-em-, -el-, -er-, dan -m-), akar berinfiks direduplikasikan  sekaligus dalam pengimbuhan infiks dan proses reduplikasi. Proses ini tampak  tidak produktif. Contoh: tali-temali, sinar-seminar, getar-geletar,  sambung-sinambung, dan patuk-pelatuk.

3.) Reduplikasi Kompositum
Kompositum, gabungan kata, kata majemuk secara umum dapat dibedakan atas (a) yang kedua unsurnya sederajat dan (b) yang kedua unsurnya tidak sederajat. Reduplikasi terhadap dasar kompositum dilakukan dalam dua cara, yaitu pertama, dilakukan secara utuh dan yang kedua, dilakukan secara sebagian.
(1) reduplikasi secara utuh terhadap (a) kompositum yang kedua unsurnya sederajat  dan (b) kompositum yang kedua unsurnya tidak sederajat tetapi memiliki makna  idiomatikal yang kedua unsurnya membentuk satu kesatuan makna. Contoh: tua  muda-tua muda, buah bibir-buah bibir, dan kasur bantal-kasur bantal.
(2) Reduplikasi sebagian dilakukan terhadap kompositum yang kedua unsurnya tidak  sederajat dan tidak bermakna idiomatikal karena kedua unsurnya membangun  makna gramatikal. Contoh: rumah-rumah sakit, buku-buku pelajaran, dan  jalan-jalan protokol.

5. Reduplikasi Dasar Nomina
Secara morfologis nomina dapat berbentuk akar, bentuk berprefiks pe-, bentuk berprefiks ke-, bentuk berkonfiks pe-an, bentuk berkonfiks per-an, bentuk berkonfiks ke-an, bentuk bersufiks -an dan berupa gabungan kata (Chaer, 2008:191). Dasar nomina apabila direduplikasikan akan melahirkan makna gramatikal sebagai berikut:
1.) makna gramatikal ‘banyak’, apabila memiliki komponen makna (+ hitung).  Contoh: 
- pemda akan menggusur rumah-rumah tanpa ijin itu.
- rumah-rumah sakit harus menerima pasien keluarga miskin.
2.) makna gramatikal ‘banyak dan bermacam-macam’, apabila memiliki komponen  makna (+ berjenis). Khususnya dalam hal ini dalam bentuk akar perulangan itu  dilakukan disertai dengan pemberian sufiks -an. Contoh:
- dulu di daerah pasar minggu banyak buah-buahan.
- kedelai termasuk tanaman kacang-kacangan.
3.) makna gramatikal ‘banyak dengan satuan ukuran tertentu’, apabila memiliki  komponen makna (+ ukuran) atau (+ takaran). Dalam hal ini khususnya dalam  bentuk dasar perulangan ini dilakukan disertai pemberian prefiks ber-. Contoh:
- kami sudah berhari-hari belum makan.
- berkubik-kubik lumpur panas menyembur setiap hari di Sidoarjo.
4.) makna gramatikal ‘menyerupai’ atau ’seperti’, apabila memiliki komponen makna  (+ bentuk tertentu) atau (+ sifat tertentu). Dalam hal ini khususnya dalam bentuk  akar perulangan itu dilakukan disertai dengan pemberian sufiks -an. Contoh:
- di tengah sawah yang sedang menguning ada orang-orangan penakut burunng.
- di halaman sekolah itu ada beberapa ayunan dan kuda-kudaan.
5.) makna gramatikal ‘saat’ atau ’waktu’, apabila memiliki komponen makna (+ saat).  Dalam hal ini khususnya dalam bentuk akar perulangan itu dilakukan secara utuh.  Contoh:
- malam-malam begini mengapa kamu datang ke sini?
- subuh-subuh kami sudah dibangunkan untuk bekerja.

6. Reduplikasi Dasar Verba
Menurut Chaer (2008:194), makna gramatikal yang dapat dihasilkan dari proses reduplikasi dasar verba anatara lain:
1.) makna gramatikal ‘kejadian (tindakan) berulang kali’, apabila dasar itu memiliki  komponen makna (+ tindakan) atau (- durasi). Contoh:
- dari tadi beliau marah-marah terus.
- siapa yang berjalan sambil melirik-lirik itu?
2.) makna gramatikal ‘kejadian berintensitas’, apabila dasar itu memiliki komponen  makna (+ tindakan) dan (+ durasi). Contoh: 
- kami memang sedang menunggu-nunggu berita dari dia.
- orang tua itu bertanya-tanya, di mana kedua anaknya berada.
3.) makna gramatikal ‘berbalasan’, apabila dasar itu memiliki komponen makna (+  tindakan) dan (- durasi) serta dala bentuk berprefiks me- regresif. Contoh:
- kecam-mengecam terjadi di antara kedua belah pihak.
- sikut-menyikut sesama mereka sudah biasa.
4.) makna gramatikal ‘dilakukan tanpa tujuan (dasar)’, apabila dasar itu memiliki  kompenen makna (+ tindakan) dan (+ durasi). Contoh:
- sehabis ujian kami makan-makan di restayran itu.
- mari kita duduk-duduk di taman depan.
5.) makna gramatikal ‘hal me...’, apabila dasar itu memiliki komponen makna (+  tindakan) dan (+ durasi) serta dalam bentuk reduplikasi berprefiks me- regresif.  Contoh:
- kami menerima pekerjaan ketik-mengetik.
- bagi saya pekerjaan tulis-menulis sudah biasa.
6.) makna gramatikal ‘begitu (dasar)’, apabila dasar itu memiliki komponen makna  (+ tindakan) dan (+ saat). Contoh:
- saya tidak sadar, tahu-tahu dia sudah berada di depanku.
- rupanya dia lapar sekali. Pulang-pulang minta makan.

7.Reduplikasi Dasar Ajektifa
Mengutip dari Chaer (2008:196), reduplikasi pada dasar ajektiva dapat menghasilkan makna gramatikal sebagai berikut:
1.) makna gramatikal ‘banyak yang dasar’, apabila bentuk dasar memiliki komponen  makna (+ keadaan) dan (+ ukuran). Contoh:
- ikannya masih kecil-kecil, jangan ditangkap dulu.
- rumah di daerah itu bagus-bagus.
2.) makna gramatikal ‘se (dasar) mungkin’, jika bentuk dasar memiliki komponen  makna (+ keadaan) dan (+ ukuran). Contoh:
- bukalah jendela itu lebar-lebar.
- pikirkan dalam-dalam baru bertindak.
3.) makna gramatikal ‘hanya yang (dasar)’, jika bentuk dasar itu memiliki komponen  makna (+ keadaan) dan (+ ukuran). Contoh: 
- murid yang nakal-nakal kumpulkan dalam satu kelas.
- ambil yang baik-baik, tinggalkan yang buruk-buruk.
4.) makna gramatikal ‘sedikit bersifat (dasar)’, jika bentuk dasar itu memiliki  komponen makna (+ keadaan) dan (+ warna). Contoh:
- dari jauh air laut tampak kebiru-biruan.
- batu cincinya berwarna putih kemerah-merahan.
5.) makna gramatikal ‘meskipun (dasar)’, jika bentuk dasar itu memiliki komponen  makna (+ keadaan) dan (+ sikap). Contoh:
- gelap-gelap datang juga dia ke rumahku.
- pintar-pintar, tetapi bisa jiga dibohongi orang.
6.) makna gramatikal ‘sama (dasar) dengan’, jika bentuk dasar itu memiliki  komponen makna (+ keadaan) dan (+ ukuran). Contoh:
- anaknya memang secantik-cantik bidadari.
- daunnya seleber-lebar telinga gajah.
7.) makna gramatikal ‘intensitas’, jika bentuk dasar itu memiliki kompoenen makna  (+ keadaan) dan (+ ukuran). Contoh:
- dia memang sengaja menjelek-jelekkan nama kita.
- janganlah kamu melemah-lemahkan semangatnya.

8. Reduplikasi Dasar Kelas Tertutup
Reduplikasi dasar kelas tertutup ini meliputi kelas adverbia, pronomina, numeralia, konjungsi, artikulus, dan interjeksi (Chaer, 2008:199).

No 
Reduplikasi Dasar Adverbia
Contoh 
Keterangan
1. 
Reduplikasi dasar adverbia negasi (bukan, tidak, tak, dan tiada).
- di sini kamu jangan bicara yang bukan-bukan.
Menyatakan sesuatu yang bukan harus dibicarakan
- anak itu selelu menangis minta yang tidak-tidak.
Menyatakan sesuatu yang tidak dapat diminta.

2. 
Reduplikasi dasar adverbia larangan (jangan dan tidak boleh).
- hari ini dia tidak masuk sekolah, kemarin dia juga tidak masuk, jangan-jangan dia sakit.
Setelah proses reduplikasi tidak lagi menyatakan suatu larangan, melainkan menyatakan rasa khawatir. 

- mari kita segera pulang, jangan-jangan ayah sudah di rumah.
3.
Reduplikasi dasar adverbia kala (sudah dan telah; lagi; akan dan mau).
- kalau mengingat yang sudah-sudah kami memang kasihan padanya.
Menyatakan segala peristiwa atau kejadian yang pernah dialami.
- kerjanya hanya mengumpulkan harta seakan-akan dia bisa hidup selamanya.
Menyatakan makna seolah-olah.
4. 
Reduplikasi dasar adverbia keharusan (kali; mau; dan boleh).
- mari kita singgah ke rumah beliau, kali-kali saja beliau ada di rumah.
Memiliki makna barangkali.
- boleh-boleh saja kalau anda mau mengajukan usul itu.
Memiliki makna boleh saja.
5. 
Reduplikasi dasar adverbia jumlah (banyak, sedikit, lebih, kurang, dan cukup).
- hawa di sini sangat dingin, lebih-lebih di pagi hari.
Bermakna menegaskan.
- bantuan sembako yang datang tidak kurang-kurang.
Bermakna tidak pernah kurang.
6. 
Reduplikasi dasar adverbia taraf (agak, sangat, amat, sekali, sedang, kurang, dan paling).
- harus dihitung yang benar, jangan mengagak-agak saja. 
Bermakna mengira-ngira.
- harganya paling-paling seribu rupiah.
Bermakna yang paling mahal atau murah.
7. 
Reduplikasi dasar adverbia frekuensi (sekali, sering, jarang, dan lagi).
- lagi-lagi dia yang tidak hadir.
Bermakna pengulangan.
- jangan sekali-kali kau langgar peraturan ini.
Bermakna tidak sama sekali.
8.
Reduplikasi dasar adverbia tanya (apa, siapa, berapa, mana, kenapa, mengapa, dan bagaimana).
- belum apa-apa dia sudah menangis.

Bermakna belum terjadi sesuatu.
- dia bukan siapa-siapa, maka jangan takut.
Bermakna orang yang tidak ada kelebihannya.

Reduplikasi Dasar Pronomina


1. Reduplikasi dasar pronomina persona (saya, aku, kami, kamu, engkau, anda, kalian, kamu sekalian, dia, ia, beliau, dan mereka).
Contoh:
- kami-kami ini sering membantu pekerjaan beliau.
- kalian-kalianlah yang diharapkan menjadi pemimpin kelak.


2. Reduplikasi dasar pronomina demonstratifa (ini, itu, begini, dan begitu).
Contoh:
- sejak dulu sampai sekarang itu-itu saja yang dibicarakan.
- keadaan dari dulu sampai sekarang begitu-begitu saja, tak ada perubahan.



Reduplikasi Dasar Numeralia
Kosakata numeralia yang terlibat dalam proses reduplikasi adalah nama-nama bilangan bulat satu, dua, tiga, empat, lima.....dan seterusnya. Juga bilangan seperti sepertiga, seperempat, setengah, dan sebagainya. Contoh:
- anak itu bariskan dua-dua.
- obat ini dimakan setengah-setengah saja.
 Pada contoh kalimat pertama, memiliki makna ‘dua orang dua orang’. Sedangkan pada contoh kalimat kedua, memiliki makna setiap kali makan obat itu setengah tablet.

Reduplikasi Dasar Konjungsi
1.) reduplikasi dasar konjungsi koordinatif
Kosakata konjungsi koordinatif adalah dan yang menyatakan ‘gabungan’, serta yang menyatakan ‘kesertaan’, tetapi, namun dan melainkan yang menyatakan ‘kebalikan’, bahkan dan malah (an) yang menyatakan ‘penguatan’, kemudian, setelah, sesudah, dan lalu yang menyatakan ‘hubungan waktu’. Semuanya tidak ada yang terlibat dalam proses reduplikasi.
2.) reduplikasi dasar konjungsi subordinatif
Kosakata konjungsi subordinatif yang terlibat dalam proses reduplikasi  hanyalah kalau, andai, dan sampai. Contoh:
- kami cuma berandai-andai, tidak memikirkan yang sebenarnya.
- mari kita ke kebun, kalau-kalau ada durian jatuh.
Pada contoh kalimat pertama, memiliki makna mengharapkan sesuatu tetapi hanya dengan andaikata, bukan dengan usaha kerja. Sementara pada contoh kalimat kedua, memiliki makna kemungkinan yang diharapkan memberi keuntungan.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar